Apa Itu Emas Dan Cara Menjualnya

 Tips Jual Emas Antam - Adalah fakta bahwa Negara, Pemerintah, miliarder, dan multi-jutawan dari berbagai belahan dunia sedang membeli emas dalam jumlah besar saat ini.

Mereka melakukannya untuk melindungi kekayaan mereka di masa geopolitik dan ekonomi yang tidak pasti yang kita hadapi. Emas adalah tempat berlindung yang aman yang mereka tuju karena emas selalu memiliki dan akan selalu mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu.

Tetapi ini tidak harus menjadi pelindung hanya untuk orang kaya dan terkenal. Investor individu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk melindungi kekayaan mereka dan mengamankan masa depan mereka juga.

 Tips Jual Emas Antam 


Di bawah ini adalah beberapa tip penting untuk membeli emas yang akan membantu Anda memulai dunia pengumpulan dan investasi logam mulia yang menguntungkan dan menguntungkan.

Tip # 1 - Waspadai Penipuan Emas

Penipuan emas bukanlah hal baru, mereka selalu ada. Yang berbeda saat ini adalah mereka lebih rumit dan lebih sulit dideteksi dari sebelumnya, terutama karena kemajuan teknologi.

Namun penipuan dapat dihindari dengan memastikan bahwa Anda selangkah lebih maju dari para penipu dan mengetahui taktik mereka. Ini dapat dilakukan dengan penelitian yang cermat. Berikut adalah tautan ke laporan terkini gratis yang akan membantu dalam hal itu: 5 Penipuan Perhiasan Emas Terbesar di tahun 2020.

Tip # 2 - Ketahui Jenis Emas Yang Akan Dibeli

Bagaimana cara terbaik untuk membeli emas?

Ada dua pilihan untuk membeli emas fisik. Anda dapat membeli perhiasan emas atau Anda dapat membeli emas batangan.

Meskipun banyak wanita awalnya memilih untuk membeli perhiasan, Anda harus menyadari bahwa ini bukanlah bentuk investasi terbaik. Alasannya adalah bahwa biaya pembuatan perhiasan dibangun ke dalam harga saat Anda membelinya sehingga nilainya tidak sepenuhnya didasarkan pada harga emas yang berlaku. Perhiasan juga subjektif. Hanya karena Anda menemukan bagian tertentu menarik, orang lain mungkin tidak, yang berarti tidak likuid, yaitu tidak semudah menjual emas batangan.

Dalam hal emas batangan seringkali ada kesalahpahaman bahwa ini terbatas pada batangan emas atau batangan emas, jenis yang Anda harapkan dapat ditemukan di brankas Fort Knox. Ini tidak terjadi karena koin juga merupakan bullion.

Baca : Cara Jual Beli Emas Antam

Mengapa berinvestasi dalam koin emas?

Untuk investor individu, koin emas adalah pilihan yang lebih baik karena lebih likuid daripada ingot. Ini karena Anda dapat membeli koin dalam denominasi yang lebih kecil dan umumnya dikeluarkan oleh permen pemerintah yang menjamin kemurniannya. Saat Anda membutuhkan uang, lebih mudah menjual sejumlah koin daripada satu ingot dengan nilai total yang sama karena Anda dapat menjual koin ke lebih dari satu pembeli.

>> Kasus Untuk Membeli Koin Emas

Saat membeli emas batangan, ada berbagai ukuran yang dapat Anda pilih. Sementara beberapa orang membeli 10 oz batangan, yang 100 oz adalah yang paling umum, tapi itu di luar jangkauan investor pada umumnya.

Koin juga tersedia dalam berbagai ukuran. Anda dapat membeli koin emas dalam ukuran ½ oz, ¼ oz, 1/10 oz atau bahkan 1/20 oz tetapi ukuran yang paling umum diperdagangkan adalah koin 1 oz.

Emas batangan dinilai berdasarkan massa dan kemurniannya, bukan nilai nominal moneter. Koin 1 oz dan batangan emas umumnya 0,999 bagus atau lebih baik

Apa pun yang ditandai dengan kehalusan .999 atau alternatif yang ditandai dengan '1oz fine' adalah 99,9% murni dan nilainya didasarkan pada harga spot emas apa pun pada saat itu. Anda tidak disarankan membeli emas yang diberi tanda dengan cara lain. Standarnya 99,9%.

Tip # 3 - Biasakan Diri Anda Dengan Berbagai Jenis Koin Emas

Koin emas terbagi dalam dua kategori - koin bullion standar dan koin langka.

Koin bullion standar dicetak oleh pemerintah yang kemudian menjaminnya. Koin ini menjadi alat pembayaran yang sah dan tidak dianggap sebagai barang koleksi; nilainya ditentukan oleh harga emas saat ini. Negara yang berbeda mencetak koin mereka sendiri dan memberi mereka nama mereka sendiri. Misalnya Amerika punya Elang, Kanada punya Daun Maple, Afrika Selatan punya Krugerrand, Austria punya Philharmonic dan Cina punya Panda.

Semua koin emas batangan standar ini pada dasarnya sama, terlepas dari fakta bahwa koin tersebut mengandung simbol yang berbeda sesuai dengan negara yang mencetaknya. Mereka semua mengandung satu ons 99,9% emas murni dengan pengecualian Krugerrand yang mengandung sedikit tembaga untuk membuat koin lebih tangguh. Tembaga ini ditambahkan meskipun koin tersebut masih mengandung satu ons emas murni.

Koin emas langka adalah koin yang tidak lagi dicetak atau dicetak dalam jumlah sedikit. Karena itu mereka menjadi barang kolektor dan dikenal sebagai investasi 'numismatik'. Contohnya adalah Penguasa Inggris, Saint-Gaudens, Kepala Liberty dan Kepala India.

Karena kelangkaannya, koin ini biasanya lebih berharga daripada koin standar, tetapi dari sudut pandang investasi, koin ini lebih berisiko. Ini karena nilainya tidak ditentukan oleh harga emas saja dan karena ada sejumlah pemalsuan dan pemalsuan.

Kecuali Anda seorang ahli atau memiliki akses ke panduan ahli, sebaiknya investor individu yang membeli emas memilih koin bullion standar.

 Tip # 4 - Pahami Apa yang Menentukan Nilai Koin Emas

Harga umumnya ditentukan oleh bursa komoditas terbesar di dunia, yang dikenal sebagai COMEX dan yang berlokasi di New York City. Harga COMEX emas inilah yang lebih sering disebut sebagai harga spot emas.

Anda tidak akan dapat membeli koin emas dengan harga COMEX yang tepat karena penjual akan selalu menambahkan mark-up untuk menutupi biaya transaksi mereka. Ini tentu saja adalah bagaimana dealer mendapatkan keuntungan. Jadi, Anda harus selalu berharap untuk membayar 'premium' dan Anda tidak boleh melihat ini sebagai penipuan apa pun karena begitulah cara kerja pasar.

Jumlah mark up akan tergantung pada permintaan lokal, ukuran transaksi dan dealer tempat Anda membeli. Apa pun hingga 10% adalah hal biasa dan Anda harus menghindari siapa pun yang menagih lebih dari itu.

Tip # 5 - Pahami Apa yang Mempengaruhi Harga Emas

Emas tidak berbeda dengan komoditas lain karena harganya dalam jangka pendek ditentukan oleh hukum penawaran dan permintaan.

Dalam jangka panjang harganya, yang ditentukan dalam dolar AS, telah meningkat karena dolar telah dimanipulasi. Sejak tahun 1971 ketika dolar menjauh dari standar emas, nilai dolar telah jatuh dan harga emas telah meningkat secara dramatis.

Emas memiliki korelasi negatif dengan aset lain seperti treasury bills, saham dan obligasi dan juga dengan nilai dolar. Saat ini jatuh, maka harga emas meningkat.

Tip # 6 - Riset Alasan Membeli Emas. Apakah Ini untuk Anda?

Dalam video di bawah James Turk, Direktur GoldMoney Foundation mengemukakan argumen yang kuat untuk membeli emas. Itu mungkin telah dicatat beberapa waktu lalu tetapi asas yang sama masih berlaku sampai sekarang:

Tip # 7 - Pelajari Cara Menyimpan Emas

Karena nilainya yang tinggi, sebelum membeli emas Anda perlu memikirkan bagaimana dan di mana Anda akan menyimpannya.

Ada 2 opsi yang jelas dan inilah yang dipilih oleh sebagian besar investor individu.

Yang pertama adalah brankas rumah. Ini relatif murah untuk dibeli. Mungkin ada baiknya membayar sedikit lebih banyak untuk yang bisa Anda baut ke lantai untuk keamanan tambahan. Tip lainnya adalah jika Anda membeli satu dengan perangkat pembuka elektronik yang dikendalikan oleh baterai, pastikan memiliki fasilitas manual cadangan untuk membukanya seperti kunci atau dial manual, dan jika tidak pastikan Anda mengganti baterai secara teratur!

Opsi kedua adalah brankas di bank. Anda harus bisa menyewanya dengan harga antara $ 50 dan $ 100 per tahun dan itu akan menawarkan Anda penyimpanan untuk ratusan ons emas. Anda tidak perlu memberitahukan detail konten kepada bank dan Anda akan memiliki akses kapan pun Anda membutuhkannya.

Tip # 8 - Pahami Pentingnya Likuiditas Emas

Keindahan emas adalah sifatnya yang portabel dan cair. Anda dapat menjualnya hampir di mana pun Anda berada di dunia dan nilainya ditentukan terutama oleh harga spot yang berlaku daripada kondisi lokal.

Jika Anda mengikuti saran tentang cara membeli emas yang diberikan di atas dan Anda berinvestasi dalam koin emas batangan standar 1 oz, Anda akan memiliki peluang terbaik untuk menjual dengan mudah dan cepat.

Tip # 9 - Temukan Cara Menjual Emas Jika Anda Perlu

Anda dapat menjual emas melalui saluran yang sama dengan saat Anda membelinya. Sebagian besar dealer akan membeli emas dari Anda serta menjualnya kepada Anda. Bicaralah dengan dealer sebelum Anda membeli untuk melihat fasilitas apa yang mereka tawarkan untuk membelinya kembali dan juga berapa biayanya.

Sama seperti saat membeli, Anda harus mengharapkan pembayaran di atas harga spot untuk menutupi biaya transaksi, jadi Anda juga harus berharap mendapatkan harga di bawah harga spot saat Anda menjual juga untuk menutupi biaya transaksi. Ini dikenal sebagai penyebaran.

Pada saat permintaan tinggi, dimungkinkan untuk menjualnya sedikit di atas harga spot. Bisa jadi karena dealer memiliki pembeli yang berbaris dan siap untuk mengambil potongan yang lebih kecil jika dia dapat segera memutarnya. Jika Anda memang harus menjual di bawah harga spot, Anda harus menghindari membayar lebih dari 10% dalam biaya dealer.

Tip # 10 - Tanyakan pada Diri Anda Apakah Anda Harus Membeli Emas Sekarang

Kami memulai artikel ini dengan memberi tahu Anda bahwa pemerintah, miliarder, dan multijutawan sedang membeli emas seperti orang gila sekarang. Ini karena mereka melihat tulisan di dinding tentang penurunan nilai dolar dan meningkatnya ukuran Utang Nasional AS.

Emas adalah tempat yang aman di masa ekonomi yang bergejolak. Ini melindungi kekayaan Anda dari penurunan nilai mata uang kertas. Dan saat-saat kita hidup sekarang pasti bergejolak!

Sebelum tahun 1971, satu lembar uang dolar sebenarnya bernilai satu dolar tetapi sekarang ini hanyalah selembar kertas yang kami percayai bernilai satu dolar, kepercayaan yang mulai menipis.

Kebanyakan ahli keuangan setuju saat ini bahwa emas dan logam mulia lainnya harus menjadi bagian dari portofolio investasi Anda. Persentase tersebut tergantung pada situasi dan risiko kesulitan masing-masing investor.

Tip # 11 - Cari Tahu Tempat Membeli Emas

Anda dapat membeli emas secara online dari dealer atau dengan mengunjungi toko. Anda juga bisa membeli dari teman atau keluarga. Hal terpenting adalah memastikan Anda hanya membeli dari sumber yang andal dan tepercaya.

Riset itu penting dan mudah dilakukan melalui internet. Dianjurkan untuk hanya membeli dari dealer yang telah menjalankan bisnis selama beberapa tahun dan diakreditasi ke beberapa jenis organisasi perlindungan konsumen seperti BBB (Better Business Bureau).

Agar dealer mendapatkan akreditasi, biasanya mereka harus melalui proses aplikasi dan pemeriksaan. Mereka juga akan dinilai sesuai dengan kinerja masa lalu mereka, jadi yang terbaik adalah memilih dealer dengan peringkat teratas yang diberikan organisasi. Jadi dalam contoh yang diberikan pada BBB, nilainya adalah A +.

Anda seharusnya hanya membeli emas dari penjual yang dapat menawarkan sertifikat kemurnian dan berat. Alasannya ada dua. Pertama, ini akan memberi Anda jaminan keaslian dan kedua Anda perlu menawarkan ini kepada pembeli potensial jika dan ketika Anda memilih untuk menjual.

0 Response to "Apa Itu Emas Dan Cara Menjualnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel